Sunday, June 11, 2017

(REVIEW + COMPARISON) Wardah Everyday BB Cream Vs Wardah Lightening BB Cream

Haii semua!

Postingan kali ini akan membahas tentang BB Cream yang aku lagi sukain banget, karena selama ini aku agak skeptis sama produk BB Cream atau Foundation lokal, tapi setelah pakai dua produk ini aku jadi harus merubah pandanganku. Dua produk yang akan aku bahas adalah Wardah Everyday BB Cream & Wardah Lightening BB Cream, dannn karena kedua produk ini mirip-mirip jadi aku sekalian bikin perbandingan/comparison, yuk cek pendapatku tentang kedua BB cream ini!.

Wardah Everyday BB Cream & Wardah Lightening BB Cream vs

Maybe aku telat banget reviewnya, karena sepengetahuanku sih Wardah telah mengeluarkan dua varian BB cream ini kira-kira tahun 2014, dan sudah banyaak sekali yang membandingkan kelebihkan dan kekurangan dari dua produk ini, but still, aku baru tertarik soal BB cream lokal baru-baru ini setelah memakai BB Cream dari Etude serta BB Cushion-BB Cushion dari berbagai merk Korea Selatan dan kesal karena hampir semua shade Korea terlalu putih buat kulitku.

Keterangan di kotaknya
Pertama aku bahas packagingnya, Wardah Everyday BB Cream ini kotaknya berwarna hijau toska dengan gradasi cokelat muda di bagian bawah, sedangkan untuk yang Wardah Lightening BB Cream warnanya lebih gelap yaitu biru tua dengan gradasi cokelat lebih tua daripada yang Everyday. 
Untuk memperjelas klik gambar


Wardah Everyday memilih menggunakan warna hitam sebagai warna font di kotaknya, sedangkan yang Wardah Lightening memilih warna putih sebagai warna font, menurutku sih dalam pemilihan warna yang Everyday lebih bagus karena perpaduan warnanya pas, dan tulisannya lebih mudah dibaca daripa yang Lightening. Di bagian samping terdapat klaim produk, komposisi, barcode, yang dibagian belakang ada klaim yang ditulis dengan bahasa Indonesia dan Inggris, dan di bawah kotak dua produk ini sama-sama memiliki kode produksi dan exp date.

Kiri Wardah Lightening, kanan Wardah Everyday
Pada tube warna desainnya sama seperti di kotak dusnya, dan tetep sih aku personally lebih suka warna yang seri Everyday nya. Perbedaan klaim dari seri Everyday dan Lightening menurutku tidak terlalu berbeda, yang Everyday mengklaim dengan teknologi water bank membuat kesegaran saat aplikasi, dapat menutup pori-pori, ol control, dan melembabkan wajah sehingga wajah halus bercahaya. Sedangkan klaim dari seri Lightening adalah 10 manfaat yang mana hal paling beda adalah teknologi triple lightening yang membuat wajah tampak lebih cerah, perfume free dan formula BB cream lebih long lasting, yang seri Lightening memiliki spf lebih tinggi daripada Everyday, yaitu Spf 32, sedangkan yang Everyday 'hanya' Spf 30. Selebihnya fungsi Lightening sama dengan yang Everyday.

Wardah Everyday BB Cream & Wardah Lightening BB Cream swatch
Swatch di tangan, klik untuk memperbesar
Waktunya swatch sekarang, kedua seri BB cream ini hanya memiliki dua shade, yaitu light dan natural, aku pilih yang natural karena takut light terlalu terang untuk kulitku yang sawo matang. Meskipun sama-sama shade natural tetapi yang Wardah Lightening shadenya lebih terang daripada yang seri Everyday, untuk tekstur menurutku yang Seri Lightening lebih creamy sedangkan yang Everyday lebih watery sehingga lebih mudah diratakan yang seri Everyday, tetapi bukan berarti yang seri LIghtening seret ya, masih dalam tahap gampang di ratakan kok. 

Untuk bau yang seri Lightening hampir ga ada baunya cuma ada hint seperti bau bedak sedangkan yang seri Everyday baunya lebih kuat, yaitu bau segar seperti baunya Garnier.

Setelah diratakan
Meskipun tadi aku bilang kalau shade yang Wardah Lightening lebih terang daripada Wardah Everyday, tetapi setelah diratakan mereka sama-sama menyatu dengan kulit dan cerahnya alami, ngga cerah terlihat di dempul, bahkan kalau ga tau keduanya terlihat sama saja saat diratakan.
Using Wardah Lightening BB Cream

Using Wardah Everyday BB Cream

Pada gambar pertama adalah aku memakai Wardah Lightening BB Cream di bagian kiri wajah, BB cream ini dapat menutupi bekas jerawat minor, meratakan warna kulit, mencerahkan jelasnya, dan pori-pori terlihat lebih halus. Sedangkan yang gambar di bawahnya aku memakai Wardah Everyday BB Cream di bagian kanan wajah, BB cream yang ini juga sama dapat menutupi bekas jerawat minor, meratakan warna kulit, mencerahkan jelasnya, dan pori-pori terlihat lebih halus. Kalau dijejerkan sih hampir tidak terlihat bedanya, cuma menurutku kalau diperhatikan bagian yang seri Lightening lebih cerah daripada seri Everyday. Keduanya terasa ringan di wajah, tapi lebih ringan yang Everyday karena teksturnya yang watery.

No difference
Untuk ketahanannya, menurutku keduanya sama-sama memiliki oil control yang so-so. Kalau dipakai 3-4 jam wajah sudah terlihat mengkilap terutama di bagian T sudah berminyak banget. Kedua produk ini juga transfer, jadi kalau ngelap wajah pakai tisu BB creamnya juga akan menempel di tisu. Bedanya yang Lightening menurutku sedikit lebih matte finish daripada yang Everyday, dan terasa lebih 'berat' karena teksturnya yang lebih creamy. Sayangnya setelah beberapa jam dipakai kedua BB cream ini agak oxy, tapi ngga terlalu bikin wajah kumal, cuma tidak sama seperti pertama kali diaplikasikan.

Comedogenic? Aku sendiri tidak bisa menjawab untuk yang Lightening karena jarang banget aku pakai, untuk ke kampus biasanya aku pakai yang seri Everyday karena ringan di wajah dan terlihat natural, tapi sayangnya kalau dipakai terus menerus hidungku jadi ada lebih banyak komedo, jadi ya ini comedogenic.

Overal kedua produk ini bagus untuk daily tapi nggak membuatku terkesan sampai jatuh cinta dengan keduanya, bagi yang suka finish natural dan ringan lebih cocok memakai yang seri Everyday, sedangkan yang ingin wajahnya terlihat cerah bisa memakai yang seri Lightening. Tapi kalau disuruh memilih aku lebih suka memakai yang Everyday karena ringan banget, tentu saja aku ga akan memakai BB cream ini untuk hangout atau ke acara-acara karena coverage nya yang kurang, jadi aku pakai untuk daily.

Repurchase? Ya untuk yang Everyday.

Thanks for sticking up with my review, comment, like, or share below so I'll know what you think. you can follow my bloglovin, instagram, or GFC, just check it out on the right sidebar and notify me if you want me to follow back. See you~