Wednesday, July 17, 2019

(REVIEW+COMPARISON) Emina Bare With Me Mineral BB Cushion No.03 Caramel

HAIIIII SEMUAAA!!!

Kali ini aku kembali mereview salah satu produk makeup favoritku, yaitu cushion! Cushion sekarang ngga hanya dari Korea, tapi merk lokal berlomba-lomba launching produk cushion mereka sendiri, nah, di sini aku bakal bahas tentang Emina BB Cushion.



Emina sendiri merupakan merk lokal yang satu rumpun dengan Makeover dan Wardah, karena satu perusahaan yaitu PT. Paragon, jangan heran kalau ketiga merk ini sekarang sama-sama launching produk cushion, cuma untuk saat ini aku baru coba yang Emina ini.

Untuk klaimnya sendiri cushion ini memiliki finish dewy-matte, mungkin maksudnya finishnya velvet, sehingga wajah terlihat glowing tapi ngga terasa berminyak kalau dipegang. selain itu klaimnya juga menutupi segala dosa di kulit wajah sehingga wajah terlihat mulus natural sepanjang hari.

Packaging :



Untuk packaging menurutku khasnya Emina banget, karena temanya pink-pink dengan desain girly, wadahnya sendiri standarnya cushion dari plastik tapi bukan plastik yang murah. 


Pada bagian belakang terdapat klaim, cara pemakaian, komposisi dan juga keterangan exp, netto, dan nomor BPOM memakai bahasa Inggris dan Indonesia. 



Pada bagian dalam standarnya cushion, ada kaca, puff, dan separator cushionnya. Untuk puff menurutku  karena pakai puff yang warna beige, bukan ruby cell yang biru, jadi lebih banyak menyerap produk. Pada bagian belakang case cushionnya sendiri ada keterangan shade, no batch dan exp date, menurutku dari segi packaging lumayan praktis karena casenya yang tidak terlalu besar maupun bulky.

Formula :


Ada 4 varian shade untuk cushion Emina ini, dan aku memilih yang  no.03 Caramel karena aku dulu punya yang seri BB Creamnya dan shadenya juga no.03. Saat aku swatch di tangan sedikit lebih cerah dari warna kulitku, berikut adalah swatch di tangan saat aku membandingkan Emina bb cushion dan emina bb cream shade caramel :


Bisa dilihat di swatch walah shadenya sama tapi warnanya beda jauhhh, untuk caramel lebih ke arah pink undertone dengan warna beige yang terbilang ngga seperti warna karamel. Sedangkan yang bb cream lebih gelap dengan yellow undertone, Emina sendiri memakai formula baru untuk bb cushionnya, kalau yang bb cream lebih creamy dan cepat banget nge set matte, sedangkan untuk formula bb cushion aku perhatikan lebih cair dan lebih mudah diratakan, mungkin perbedaan formula ini karena pabrik yang membuat berbeda, sehingga standar warna shadenya juga berbeda.

Impression :

Berikut ini adalah swatch Emina BB Cream dan Emina BB Cushion No.03 Caramel di wajahku :


Bagian kiri adalah hasil aku memakai yang BB cream sedangkan yang kanan aku memakai BB Cushion. Menurutku yang BB Cushion lebih cocok untuk wajahku meski keputihan seidikit, sedangkan yang bb cream di wajahku terlalu gelap sehingga wajahku terkesan kusam. Setelah beberapa menit, untuk yang cushion warnanya mulai menyatu dengan wajah, sedangkan untuk yang bb cream juga cuma ngga senatural yang cushion mungkin karena memang shadenya yang kegelapan di aku.

Untuk ketahanan kurasa bb cushion Emina ini lumayan bisa menahan minyak, sekitar 3-4 jam baru wajahku yang oily ini menunjukkan tanda-tanda mengkilap terutama di bagian hidung, impressionku saat memakai cushion ini ngga berat dan nyaman, ini bagus karena meskipun coverage cushion ini light to medium, tapi masih bisa dipakai untuk sehari-hari.  Aku juga memperhatikan kalau wajahku ada efek dewynya, cuma masih lebih dewy an yang versi bb cream. 

Oh ya, untuk oksidasi kurasa baik yang versi cushion maupun yang bb cream sama-sama oksidasi setelah beberapa jam, cuma menurutku sih wajah masih presentable dan ngga terlalu kusam (terkecuali yang bb cream karena shade bb cream memang awalnya lebih gelap). Kekurangan dari cushion ini menurutku cuma terletak pada puffnya yang terlalu banyak menyerap produk, ngga bisa ngehalusin pori-pori ataupun menutupi mata panda, dan juga kandungannya yang masih bisa nge trigger komedo di wajah, selebihnya menurutku secara keseluruhan cushion okay, cuma ngga ada sesuatu yang menonjol dan wow banget.

What I like about this product :
- Cheap
- Easy to find in Indonesia
- Cute packaging
- Decent oil control
- Easy to blend and comfortable

What I like about this product :
- The puff
- Comedogenic

Aku merekomendasikan cushion ini bagi kalian yang mencari cushion murah tapi bagus, atau kalian yang pengen coba-coba cushion untuk sehari-hari menurutku cushion ini emang bisa membuat wajah mulus dan pede untuk daily sesuai dengan judulnya yang "Bare with me". 

Thanks for sticking up with my review, comment, share, or react below so I'll know what you think! See you~

-

2 comments:

  1. makin banyak brand lokal yang ngeluarin cushion ya :)

    ReplyDelete
  2. Aku agak kurang sreg sama pilihan shadenya karena banyak yg terlalu terang meskipun udah pilih yg agak gelapšŸ˜­

    ReplyDelete